LESSON PLAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : SDN Glagah
Kelas/Semester : II/ I
Tema : Toys
Keterampilan Bahasa : Speaking
Waktu : 4 x 35 menit
Standar Kompetensi
Memiliki keterampilan awal berbahasa Inggris sehingga siswa dapat berbicara dan memahami instruksi-instruksi serta informasi sangat sederhana dalam bahasa Inggris pada level novice.
Kompetensi Dasar
Mengucapkan sejumlah kosa kata tentang toys dan menggunakan tindak tutur do you like …. ? Dengan keterampilan fungsional yang berhubungan dengan toys dalam kalimat dan pengajaran bahasa Inggris sederhana.
Indikator
Siswa berbicara menggunakan tindak tutur “do you like…?” Dengan baik dan benar.
Siswa merespon ungkapan “do you like…?”Dengan baik dan benar.
Siswa mampu menyebutkan berbagai macam mainan
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan mainan keseharian dalam bahasa Inggris
Materi Ajar
Toys
Memperkenalkan tindak tutur do you like …? Yes, I do …, No, I don’t….
Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual (Contextual Teaching and Learning /CTL)
Metode : Presentasi & Tanya jawab
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru memberi salam kepada siswa
Guru memimpin do’a
Guru memotivasi siswa mengenai materi yang akan dibicarakan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan awal yang berhubungan dengan tindak tutur do you like …?
Guru memperkenalkan materi yang akan dibahas kepada siswa
Kegitan Inti
Guru memberikan materi dengan menyuruh siswa untuk menebak benda apa yang guru tunjuk tentang Toys
Guru menyuruh siswa menirukan kalimat yang ditunjuk.
It’s a toy car
It’s a doll
It’s a Puppet
Guru meminta siswa menyebutkan mainan kesukaan mereka.
Guru menulis formula do you like ...? dan memberikan contoh pelafalan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.
Do you like doll?
Do you like to play toy car?
Do you like to play …? dst…
Guru melatih siswa menggunakan yes I do, no, I don’t disertai dengan gesture
Guru menyuruh satu siswa maju untuk tanya jawab dengan guru untuk memberikan contoh.
Prosedur pembelajaran: * Tanya jawab menggunakan tindak tutur do you like …? Untuk memperoleh informasi
*Pertemuan ke 2 ditambah dengan songs.
Kegiatan Akhir
Guru mengulang kembali materi yang telah disampaikan secara ringkas.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Guru memberikan kesimpulan materi yang telah diberikan.
Guru mengucapkan salam perpisahan.
Sumber Belajar
Buku Paket Active English 2 A Fun and Easy English Book
Penilaian
Pengamatan
Yogyakarta, 22 November 2008
Guru mata pelajaran Praktikan